Info promo harga OTR & diskon DP kredit murah dengan cicilan angsuran ringan hanya di dealer Toyota AUTO2000 Rancaekek Bandung. Update harga OTR terbaru mobil Toyota di daerah Bandung Subang Majalengka Sumedang Tasikmalaya Garut Ciamis Banjar dan wilayah lainnya di Jawa Barat. Hubungi sales rekomendasi Toyota AUTO2000 di daerah Rancaekek Cibiru Soekarno Hatta Asia Afrika Suci Pasteur Dago Setiabudi Kiaracondong Soreang Padalarang & area wilayah sekitar Bandung. Kunjungi dealer Toyota AUTO2000 Rancaekek dan lakukan test drive untuk memastikan kendaraan yang Anda butuhkan. Toyota AUTO2000 Rancaekek, Jl. Arteri Primer Cipasir, Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Menu
Model
Beranda » Knowledge » Apa Itu Fungsi Airbag Toyota & Kondisi Serta Cara Kerja

Apa Itu Fungsi Airbag Toyota & Kondisi Serta Cara Kerja

Dipublish pada 9 Oktober 2021 | Dilihat sebanyak 203 kali | Kategori: Knowledge

Mari sedikit kita membahas mengenai apa itu fungsi Airbag Toyota & kondisi serta cara kerja. Toyota sangat memperhatikan faktor safety bagi para pengendara-nya, fitur pasif ini merupakan komponen vital dari sebuah sistem keamanan.

 

Manfaat Serta Apa Itu Fungsi Airbags & Kondisi Serta Cara Kerja.

 

Fungsi SRS Airbag pada Mobil Toyota

Fungsi SRS Airbag (Suplement Restaint Safety) pada mobil Toyota merupakan komponen keselamatan bantu yang melengkapi sabuk pengaman. SRS Airbag akan mengembung ketika kendaraan mengalami benturan keras jenis tertentu yang mungkin dapat menyebabkan cidera berat bagi penumpang. Airbag bekerja bersamaan dengan sabuk pengaman untuk mengurangi risiko serius.

 

Nama komponen dan fungsi pada ilustrasi gambar SRS Airbag Toyota Voxy :

  1. SRS Airbag Pengemudi dan Airbag Penumpang Depan.
    Dapat membantu melindungi kepala dan dada pengemudi juga penumpang depan dari benturan dengan komponen interior.
  2. SRS Knee Airbag (SRS Airbag Lutut).
    Dapat membantu memberikan perlindungan pada kaki dan lutut pengemudi.
  3. SRS Airbag Samping.
    Dapat membantu melindungi tubuh bagian samping pengemudi dan penumpang tempat duduk depan.
  4. SRS Airbag Curtain Shield.
    Dapat membantu melindungi bagian kepala pengemudi dan penumpang yang duduk di sisi samping.

 

Bagaimana Jika SRS Airbag Mengembung (Inflate)

Bagaimana Jika SRS Airbag mengembung (inflate) dan apa saja manfaat serta dampak dari pengembangnya kantong udara tersebut:

  • Hal utama SRS Airbags mengengembung adalah mengurangi resiko cidera fatal dari dampak sebuah kecelakaan yang tentunya tidak diharapkan, perlu ditekankan bahwa SRS Airbag tidak menjamin kondisi keselamatan sepenuhnya karena beberapa faktor dan tingkat kecelakaan.
  • SRS Airbag mengembung akibat pemicuan gas yang menimbulkan tekanan sehingga balon udara mengembang dalam kecepatan tinggi, hal tersebut menghasilkan panas yang mungkin mengakibatkan luka bakar kecil atau memar.
  • Dalam kondisi mengembang menimbulkan kebisingan dan serbuk putih hasil pemicuan gas.
  • Bagian modul Airbag (roda kemudi, cover airbag dan inflator) begitu juga tempat duduk bagian depan, pillar depan, pillar samping, pillar belakang serta side roof akan panas selama beberapa menit.
  • Kaca depan kemungkinan bisa rusak atau pecah karena efek kecelakaan frontal.

 

Kondisi Pengembungan SRS Airbag Depan

Kondisi pengembungan SRS Airbag depan akan bekerja bila benturan melibihi ambang batas yang ditentukan (tingkat kekuatannya sebanding dengan kecelakaan dari depan pada kecepatan 20-30 km/jam dengan dinding tetap yang tidak bergerak atau berubah bentuk.

Namun ambang batas kecepatan dapat jauh lebih tinggi dalam situasi berikut:

  • Jika kendaraan membentur benda, seperti kendaraan yang diparkir atau tiang yang bergerak atau berdampak perubahan bentuk (deformasi).
  • Jika kendaraan terlibat dalam kecelakaan dijalan, seperti terbentur yang mana bagian depan kendaraan “mengarah kebawah” atau kendaraan masuk kebagian bawah kendaraan didepan yang memiliki posisi lebih tinggi seperti bagian belakang truk.
  • Tergantung pada jenis kecelakaan, jika memungkinkan sistem keamanan kendaraan akan memaksimalkan fungsi pretensioner pada sabuk keselamatan yang hanya aktif.

 

Kondisi Pengembungan SRS Airbag Bagian Samping dan Tirai (Curtain Airbag)

Kondisi Pengembungan SRS Airbag Bagian Samping dan Tirai (Curtain Airbag) sebagai berikut :

  • SRS Airbag samping dan Curtain Shield Airbag akan mengembung saat terjadi benturan samping yang melebihi tingkat ambang batas yang telah diatur (tingkat tekanan yang berhubungan dengan tekanan benturan dihasilkan sekitar 1500kg kendaraan menabrak kabin kendaraan dari arah yang lurus untuk orientasi kendaraan di kecepatan sekitar 20-30 km/jam).
  • SRS Airbag samping dan Curtain Shield Airbag dapat juga mengembung saat terjadi kecelakaan yang sangat frontal.
    Kondisi dimana SRS Airbag memiliki kemungkinan mengembung (Inflate) selain kecelakaan yang dijelaskan diatas.
  • SRS Airbag depan dan SRS Airbag samping ataupun Curtain Shield Airbag dapat juga mengembung jika mendapat benturan serius pada bagian bawah kendaraan. Beberapa contoh:
    1. Menabrak pinggiran jalan hingga naik trotoran dengan benturan yang keras.
    2. Jatuh atau terjun ke lubang yang dalam.
    3. Mendarat keras atau kendaraan terjatuh.

 

Jenis Kecelakaan Yang Tidak Mengakibatkan SRS Airbag Depan Mengembung

Jenis Kecelakaan yang tidak mengakibatkan SRS Airbag depan mengembung bisa karena kendaraan terlibat kecelakaan pada bagian samping atau dari bagian belakang atau pula jika kendaraan terlibat kecelakaan keras pada kecepatan rendah dengan bagian bidang benturan yang bergerak.

Tetapi apabila kecelakaan tersebut menyebabkan deselerasi kendaraan ke arah depan, maka dapat juga terjadi pengembungan SRS Airbag depan. Dalam kasus kendaraan terguling dan bidang benturan nya tidak terdeteksi oleh sensor maka kemungkinan SRS Airbag depan tidak mengembung.

 

Kapan Menghubungi Bengkel Toyota

Beberapa hal dan kapan menghubungi bengkel Toyota :

  • Salah satu SRS Airbag mengembung akibat dampak accidential atau malfungsi.
  • Bagian depan kendaraan rusak atau berubah bentuk atau pun terlibat kecelakaan yang tidak cukup keras namun menyebabkan SRS Airbag depan mengembung.
  • Bagian pintu atau area sekitar pintu berubah bentuk, atau pun terlibat kecelakaan yang tidak cukup keras yang menyebabkan SRS Airbag samping dan Curtain Shield mengembung.
  • Bagian dari pad roda kemudi, dasboard dekat airbag penumpang depan atau bagian bawah panel instrumen tergores, retak bahkan sampai rusak.

 

Sumber: Buku Pedoman Toyota Voxy Hal. 35

Tags: , ,
Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya
Dealer Toyota Land Cruiser Bandung | Info promo harga & diskon kredit

Mobil SUV Toyota Bandung

Dipublish pada 28 November 2021 | Dilihat sebanyak 225 kali | Kategori: SUV

Line-up produk mobil SUV Toyota Bandung terdiri dari enam produk antara lain Toyota Raize, Rush, Fortuner, CHR, Cross dan Land Cruiser. selengkapnya

Simak Fungsi & Manfaat Sabuk Pengaman Keselamatan Mobil Toyota

Fungsi & Manfaat Sabuk Pengaman Keselamatan Mobil Toyota

Dipublish pada 9 Oktober 2021 | Dilihat sebanyak 203 kali | Kategori: Knowledge

Mari kita simak fungsi & manfaat sabuk pengaman keselamatan mobil Toyota yang merupakan alat utama yang membantu melindungi pengemudi & penumpang dalam suatu tabrakan. selengkapnya

Promo Harga Diskon Kredit Toyota Altis Bandung

Mobil Sedan Toyota Bandung

Dipublish pada 24 November 2021 | Dilihat sebanyak 219 kali | Kategori: Sedan

Mobil Sedan Toyota Bandung terdiri dari enam produk utama antara lain Toyota Vios, Toyota Altis, Camry, FT-86, Supra GR Sport. selengkapnya

Sales Toyota AUTO2000 Rancaekek

Hubungi sales Toyota AUTO2000 Rancaekek dan dapatkan segera penawaran menarik dari kami.

 

RIZKI

 

Phone : 0812-7592-8001
WA Chat : 62812-7592-8001
E-mail : otopronesia@gmail.com

Dealer Toyota AUTO2000 Rancaekek

Dealer Toyota AUTO2000 Rancaekek dengan layanan 3-S Sales Service & Sparepart, dibawah naungan PT. Astra International Tbk

 

Sales | Service | Sparepart | Claim Insurance

 

Kunjungi dealer kami dan lakukan test drive kendaraan yang Anda butuhkan.